Cara Membuat Es Potong Celup Coklat Tradisional Yang Enak

Es Potong adalah salah satu jajanan favorit saya ketika masih berada di sekolah dasar dulu, bahkan hingga sekarang  setelah bertahun tahun. Namun sepertinya jajanan yang satu ini sepertinya semakin sulit saja untuk menemukannya, padahal menurut saya Es Potong adalah jajanan unik yang cuma bisa ditemukan di Indonesia. Paling enggak untuk es potong tradisionalnya sih :D

Foto Resep Cara Membuat Es Potong Rasa Coklat


Kami saat ini akan mengulas mengenai cara membuat es potong celup coklat yang biking nagih lagi untuk dinikmati. Es potong saat ini menjadi jajanan populer di kalangan anak-anak kecil terutama TK dan SD jaman dulu. Namun akhir-akhir ini es ini jarang kita temui karena telah bermunculnya aneka es modern. Padahal es potong ini merupakan makanan tradisional yang perlu dilestarikan dan tentu aman untuk dikonsumsi tubuh. Berbeda dengan es es saat ini yang mana belum tentu terjamin tingkat kebersihan dan keamanannya untuk dikonsumsi.

Minggu lalu, saya iseng – iseng lagi ke kota tua Jakarta untuk menengok beberapa musim, sekaligus bernostal gia dengan jajanan Es Potong. Memang, kalau di jakarta, kota tua adalah salah satu tempat untuk mencari makanan – makanan unik, seperti es yang sudah jarang ditemui ini. Saya cuma perlu mengeluarkan uang Rp. 3000 untuk mendapatkan Es Potong dengan panjang kira – kira 10 cm, jauh lebih murah dari es krim yang di beli di gerai makanan cepat saji.

Rasa dari es potong sendiri ada banyak macamnya, kebetulan di tempat saya membeli es potong kemarin menyediakan rasa cokelat, ketan hitam dan kacang hijau. Sebenarnya ada lebih banyak macamnya lagi sih, tetapi dari dulu ketiga rasa tersebutlah yang paling umum ditemukan.

O iya untuk menjaga Es Potong tetap dingin, mereka menggunakan metode sederhana lho. Mereka mendinginkan Es Potong tersebut diantara es batu yang telah ditaburi garam. Jadi jangan kaget kalau kadang Es Potong tadi terasa sedikit asin, soalnya memang pendingin tradisional mereka menggunakan garam. Nah? Mau mencoba makan Es Potong? Buruan sebelum es yang satu ini semakin punah :D

CARA MEMBUAT ES POTONG TRADISIONAL YANG ENAK

BAHAN :

  • 800 mililiter santan kelapa
  • 200 gram coklat blok
  • 50 mililiter minyak goreng
  • 50 gram gula pasir
  • 4 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan susu bubu
  • 4 sendok makan susu kental manis
  • 1 lembar daun pandan
  • seujung sendok teh garam
  • vanili secukupnya

CARA MEMBUAT ES POTONG :

  1. Pertama-tama, campur menjadi satu tepung maizena, santan, gula pasir, susu bubuk, vanili dan susu kental manis. Tambahkan garam dan daun pandan. Aduk sampai merata.
  2. Masak dengan api kecil sampai mendidih kental lalu dinginkan
  3. Kocok dengan mikser selama 10 menit lalu simpan di freezer 2 jam. 
  4. Setelah disimpan di freezer keluarkan lalu di mikser lagi 10 menit.
  5. Setelah itu masukan adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi plastik. bekukan di freezer
  6. Setelah beku keluarkan dari loyang. potong-potong sesuai selera. Tusuk dengan stick es
  7. Lelehkan coklat blok campur dengan minyak goreng. celupkan es ke coklat leleh.
  8. Sajikan dan selesai selamat menikmati es potong yang enak ini.


bagaimana mudah bukan, silahkan dicoba dirumah bersama keluarga anda, lebih nikmat dikonsumsi saat berkumpul dengan keluarga disaat siang hari matahari menyegat hehe...

untuk es potong sendiri biasanya jika di perkampungan disajikan seperti dalam acara pernikahan atau acara adat, walaupun sulit ditemukan diperkampungan es ini masih bisa dijumpai walaupun tidak banyak setiap kampung ada.

Subscribe to receive free email updates: