Cara Membuat Es Dawet Ayu Hijau Tepung Beras Banjarnegara

Dawet Ayu hijau adalah salah satu minuman segar khas dari Kabupaten Banjarnegara. di bandung Jawa Barat minuman ini dinamai dengan nama cendol yang dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung ketan, sekarang minuman ini berkembang pesat ke berbagai kota di Jawa salah satunya ada dawet ayu solo, dawet ayu jepara dan juga dawet ayu bengkulu. jenis resep minuman ini sangat segar pakai es dan juga bisa disajikan tanpa es untuk anda yang tidak suka mengkonsumsinya atau bisa juga anda mengkonsumsinya dengan meminumnya dalam keadaan panas ataupun hangat.

Foto Resep Cara Membuat Es Dawet


Aneka macam kreasi dan variasi dari es dawet Jawa ini kalau di daerah Sunda dinamai resep es cendol ini ada banyak, seperti dawet rumput laut, Dawet ayu jepara adalah minuman dawet yang terbuat dari rumput laut. Dawet ayu yang berasal dari kota Kediri, ada es dawet ayu yang dicampuri es krim, cincau, resep es goyobod, dll. dalam artikel saya kali ini saya akan membahas tentang cara membuat es dawet yang segar dan menyehatkan.

Share ajh dulu Es Dawet kalau di kota saya Bandung dinamakan dengan cendol dan banyak di jual di tepi jalan saat bulan suci ramadhan dan dinamakan dengan cendol Elizabeth, makanan ini tentu sangat segar apalagi ketika dikonsumsi saat tengah hari atau jika bulan ramadhan di sajikan saat berbuka puasa, makanan ini banyak di jual terutama di tempat jajanan SD atau ada yng keliling menjualnya, saya sendiri suka mengkonsumsinya karena nikmat saat dikonsumsi terasa segar kedalam badan, di daerah saya sendidi minuman ini di jual dengan harga terjangkau hanya Rp. 3000 saja satu gelas yang berukuran besar.

Karena minuman ini telah menjamur di berbagai kota tentu saja minuman ini sudah tidak asing lagi kita dengar, apalagi minuman ini banyak dijual di pasar tradisional dengan bentuk bahan yang sudah jadi hanya tinggal menambahkan ES dan gula aren, walaupun begitu banyak ditemukan rasanya kurang kalau anda yang hoby memasak tidak mencoba sendiri cara membuat es dawet yang segar ini di rumah, disajikan saat tengah hari bersama keluarga atau saat sesudah makan pasti nikmat, disini saya akan mengulas tentang cara pembuatan es dawet ini, karena minuman ini berasal dari banjar negara jadi saya juga akan membuat artikel ini dengan cara pembuatan es dawet khas dari banjar negara, ok tanpa basa-basi lagi kita mulai saja yah cara pembuatanya...

CARA MEMBUAT ES DAWET AYU SEGAR YANG ENAK SEDERHANA

Bahan Untuk Dawet :

  • 125 gram tepung sagu aren
  • 25 gram tepung beras
  • 400 ml air
  • 100 ml air dari daun suji (30 lembar daun suji blender dengan 150 ml air, saring)
  • 3 tetes pewarna (hijau) pewarna makanan


Bahan Untuk Santan :

  • 750 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sendok makan garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 10 buah daging nangka,potong dadu


Bahan untuk Gula Merah :

  • 250 gram gula merah, iris tipis
  • 300 mililiter air
  • 1 lembar daun pandan


Cara Pembuatan Dawet Ayu :

  1. Campurkan dan masak bahan-bahan dawet sampai mendidih
  2. Setelah mendidih atau juga (meletup), angkat dalam kondisi panas lalu tuang dalam cetakan cendol, tekan-tekan dalam cetakan cendol yang sudah disediakan
  3. Tampung cendol dari cetakan tadi dalam wadah yang sudah diisi air dingin
  4. Campurkan bahan-bahan untuk pembuatan kuah gula merah. Masak dan aduk-aduk hingga mendidih
  5. Campurkan juga bahan santan, masak sampai mendidih lalu dinginkan
  6. Siapkan gelas atau mangkok saji yang bersih. Masukkan cendol tadi ke dalam gelas, masukkan kuah gula dan juga santan.
  7. selesai, kini dawet buatan anda sudah siap di santap.

Itulah resep tentang cara pembuatan dawet ayu khas banjar negara, jika anda senang mengkonsumsinya atau ingin mengkonsumsinya dalam keadaan dingin tinggal anda tambahkan Es saja atau anda masukan ke dalam lemari es, hmmzzz segar yah ngebayanginya jadi pengen hehe...

Mungkin itu penjelasan dalam artikel saya kali ini tentang cara pembuatan Es dawet bagi anda yang gemar memasak atau ibu rumah tangga ayo silahkan dicoba karena caranya juga mudah bukan ?, jadi tidak ada alasan caranya susah hehe, membuat sendiri lebih terjamin kebersihannya, dan juga anda yang tidak suka dengan pewarna makanan anda juga bisa menggantinya dengan daun sepatu kalau orang bandung di kampung menyebutnya, yah itu untuk pengganti pewarna makanan karena di kampung pembuatan cendol atau ayu dawet ini masih menggunakan metode tradisional asli.

jika anda ingin mencobanya anda bisa juga sajikan dengan tambahan bahan seperti buah nagka yang akan menambah kesegaran dan kenikmatan saat dikonsumsi, yah mungkin ini saja untuk resep hari ini, silahkan di share kepada saudara, teman atau siapa saja barang kali mereka sedang mencari resep ini, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: