Cara Membuat Rendang Daging Khas padang

Rendang adalah masakan daging yang bercita rasa khas pedas yang mana menggunakan berbagai bahan campuran bumbu serta rempah-rempah. Rendang ini diciptakan dari proses memasak yang dilakukan secara berulang-ulang dengan memggunakan santan kelapa, dan juga membutuhkan waktu berjam-jam, kurang lebih sampai selama empat jam untuk membuat rendang kering yang berwarna kehitaman, dalam suhu ruang, rendang dapat bertahan lama selama beberapa pekan, sedangkan rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat, biasa juga disebut dengan kalio yang warnanya kecoklatan terang keemasan.

Foto Resep Cara Membuat Rendang


Makanan ini memang begitu familiar terkenal sampai mancanegara, bahkan makanan ini adalah salah satu makanan yang di buru turis-tusris yang berkunjung ke indonesia karena sudah terkenal ke berbagai negara makanan khas asli dari sumatera ini memang begitu nikmat dan menggoda apalagi rasa yang dimiliki begitu mantap untuk disantap apalagi di sajikan dengan berbagai macam lalabnya seperti daun singkong yang suka di jual dirumah makan padang.

Makanan ini sangatlah mudah dijumpai apalagi sekarang banyak rumah makan yang menjual makanan ini terutama rumah makan padang selaku pemegang brand. rasa yang nikmat pedas dan daging yang empuk begitu waw dilidah disajikan dengan nasi hangat, jadi kebayang yah makanan ini begitu menggodanya, anda pasti juga menyukai makananan ini maka dari itu artikel saya kali ini akan membahas tentang cara pembuatan resep rendang khas padang, yah namanya juga di jual di rumah makan padang dan memang berasal dari sana juga hehe, ok bagi anda yang sudah tidak sabar tentang cara pembuatannya yuk kita mulai saja tidak usah banyak basa-basi lagi.

CARA MEMBUAT RENDANG KERING PADANG ASLI

Bahan : 

  • 1/2 kg daging sapi. Sebaiknya anda memilih daging sapi dengan kualitas bagus yakni bagian paha atas.


Bahan Untuk Bumbu :

  • Kelapa tua : 1 btr diparut dan di buat santan.
  • Bawang merah : 3 siung ukuran sedang
  • Bawang putih : 6 siung saja
  • Jahe : ukuran sedang saja
  • Lengkuas : ukuran sedang jangan terlalu besar atau kecil
  • Cabe kriting merah : 100 gr ( suka suka )
  • Bahan lain : kunyit berukuran kecil ( jari telunjuk ) dan juga daun jeruk ( 2 hingga 3 lembar )


Persiapan memasak rendang daging sapi :

  • Potong daging seperti ukuran dadu gepeng besarnya sesuai selera saja . Perlu di ingat yah untuk menghasilkan rendang yang empuk dilidah maka buang bagian daging yang warna putih, sehingga hanya bagian daging warna merah saja yang akan di masak.
  • Buat santan sekitar 1 ltr ( 1 btr kelapa tua ).
  • Haluskan bumbu-bumbu : bawang merah, bawang mputih, cabe merah, lengkuas, jahe, kunyit, daun jeruk, dan lainnya ( tanpa garam ).


Cara memasak :

  1. Nyalakan kompor lalu sangrai bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga berbau harum dan angkat. Sebaiknya cara ini menggunakan wajan ukuran yang kecil saja.
  2. Rebus air di atas wajan yang ukuran sedang ( sesuaikan dengan bahan daging yang di masak ) tunggu hingga mendidih lalu masukkan potongan daging yang sudah diiris tadi. Gunakan air secukupnya saja dan usahakan jangan di tambah saat merebus daging sapi rendang ini.
  3. Tunggu beberapa saat hingga daging empuk namun jangan sampai airnya kering.
  4. Masukkan santan dan bumbu-bumbu bersamaan dan ingat kecilkan nyala api kompor yang anda gunakan.
  5. Setelah air mulai sedikit berkurang masukkan garam sedikit demi sedikit yah sambil menyesuaikan rasa sesuai dengan selera anda.
  6. Selama proses pematangan ini rendang sebaiknya jangan ditinggal masakan rendang anda dan aduk-aduk perlahan untuk menjaga air santan supaya tidak pecah.
  7. Setelah bumbu benar-benar meresap dan air tinggal sedikit angkat rendang dan siap dihidangkan.


Itulah resep cara membuat rendang khas padang, silahkan dicoba pasti keluarga anda suka, makanan ini memang sangat mudah ditemukan tapi jika anda membuat sendiri cita rasa untuk keluarga anda tentu berbeda buatan tangan anda sendiri lebih terjamin kebersihanya.

saya biasanya kalau pergi ke luar kota atau pergi rekreasi biasa membeli makanan ini di bungkus timbel untuk dikonsumsi saat lapar diperjalanan karena makanan ini simple dan masih nikmat walau dinikmati saat makanannya dingin. apalagi anda yang suka bepergian atau suami anda sangat cocok untuk dijadikan bekal diperjalanan untuk menghemat haha.

oh ia tips untuk membuat makanan dari daging sapi ini atau anda menggunakan daging kambing agar rasa daging ini empuk cukup mudah yakni anda jangan taburkan garam sebelum daging matang, yah mungkin ini saja dulu resep dari saya tentang cara pembuatan resep rendang ini, silahkan di share siapa tau saudara anda atau teman anda sedang mencari resep ini juga, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: