Cara Membuat Gulai Ayam Sederhana Yang Enak Ala Padang

Gulai ayam adalah salah satu resep masakan ayam yang berkuah kental yang enak dan lezat terbuat dari berbagai rempah-rempah yang alami. Diantara kita kebanyakan salah menyebut resep ayam gulai dengan opor ayam, gule ayam ataupun kari ayam. Memang semua resep masakan ayam ini sama-sama berkuah kental dan juga menggunakan berbagai macam bahan rempah alami sebagai bumbunya. Akan tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan lho diantaranya resep-resep ayam tersebut. Selain itu juga bumbu gulai ayam Padang ini menggunakan santan yang lebih kental daripada yang lainnya. Selain itu juga cara pembuatan gulai ayam ini juga sedikit berbeda dengan ketiga resep masakan berkuah tadi lho. Selain kita memasak gulai ayam, resep bumbu gulai sebenarnya juga bisa kita buat menjadi resep gulai ikan, gulai sayur nangka atau daging sapi dan kambing.

Foto Resep Cara Membuat Gulai Ayam

Negara kita indonesia dengan berjuta penduduknya ini memang terkenal akan kekayaan budaya dan kulinernya. Banyak sekali berbagai resep masakan yang sebenarnya mempunyai bumbu dasar sama tetapi pengolahan kembali menjadi resep masakan baru yang lebih menggoda selera. Selain itu citarasa yang ditampilkannya pun mempunyai ciri yang unik dan memiliki ciri khas masing-masing. Seperti juga dengan resep gulai ayam ini bumbu Padang yang akan kita buat sekarang ini. Walaupun dari tampilan dan bentuk luarnya sama dengan kare ayam ataupun opor ayam, akan tetapi sebenarnya menggunakan resep bumbu gulai yang berbeda juga lho. Perbedaannya adalah bumbu nya walaupun sedikit sudah memberikan citarasa yang berbeda dan unik di resep ayam tersebut. Padahal cara membuat gulai ayam ini tidak berbeda jauh dengan cara membuat opor ayam ataupun kari ayam yang sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya.

Memang banyak diantara kita yang salah dan latah dalam menyebut resep gulai ayam dan resep gule ayam. Kalau kita melihat dari namanya sebenarnya memang harus di maklum karena cuma berbeda di akhir huruf saja. Dari tampilannya pun sangat tidak jauh berbeda karena kedua resep masakan ayam tersebut sama-sama berkuah dan menggunakan berbagai rempah, sereh, daun jeruk, bawang merah, bawang putih dan santan sebagai kunci resep utama dasar pembuatanya. Tetapi kalau kita sudah mencicipinya baru kelihatan perbedaan antara kedua jenis resep masakan Indonesia tersebut.

Gule merupakan kreasi resep yang berasal dari Jawa yang mnggunakan kemiri dan tidak terlalu banyak menggunakan cabai atau malah tidak menggunakannya sama sekali. Kari sedikit berbeda bumbunya karena sebenarnya memang merupakan masakan dari India yang sudah dimodifikasi dengan lidah kebanyakan masyarkata di Indonesia. Sedangkan resep bumbu gulai ayam ini, gulai ikan ataupun gulai daging sapi merupakan masakan khas yang berasal dari daerah pulau Sumatera yang memang sudah terkenal dikalangan masyarakat akan kekuatan aroma dan rempah-rempahnya. Santan asli yang digunakan untuk cara membuat gulai ayam pun lebih kental dan lebih banyak dibandingkan resep-resep sebelumnya.

Karena makanan ini memang berasal dari Sumatera yang sudah terkenal akan citarasa resep bumbu yang digunakan. Resep gulai ayam enak yang akan kita buat ini juga banyak menggunakan jenis rempah-rempah alami. Jadi untuk mempertkuat citarasa dan kekentalan kuahnya, bumbu gulai yang akan kita buat nanti berasal dari berbagai macam olahan rempah asli, seperti kunyit, jintan, kayu manis, lengkuas, ketumbar, lada dan lainya. Dan yang paling terpenting, untuk membuat resep masakan gulai ayam yang enak dan lezat kuahnya kuncinya adalah dari santan nya. Santan yang digunakan dalam pembuatan resep ini harus santan asli yang diambil dari perasan buah kelapa. Tidak boleh menggunakan santan instan yang banyak dijual karena nanti rasanya akan jauh berbeda dengan santan asli. Kuah gulai nya juga akan beda rasa dan warnanya. Teman-teman tidak perlu khawatir. Walaupun terlalu banyak menggunakan rempah dan bumbu, cara membuat gulai ayam Padang ini sangat mudah kok. Tinggal kita uleg dan dicampur sudah jadi. Untuk lebih jelasnya mari kita mulai saja cara pembuatan resep masakan ini.

CARA MEMBUAT GULAI AYAM SIMPLE ENAK KHAS PADANG

Bahan:
  • 1 ekor ayam segar, potong 8 bagian/sesuai selera anda, lumuri dengan 1 sendok makan air, sisihkan
  • 3 batang serai, memarkan
  • 2 jari ruas lengkuas, memarkan
  • 5 helai daun jeruk purut, lepaskan tulang daun
  • 1 helai daun kunyit, buat simpul
  • 1/2 sdm kaldu bubuk rasa ayam
  • 1 sdm air asam jawa, larutkan 1 sdm asam jawa dengan 1 sdm air
  • 3 gelas (750 ml) santan asli, dari 1 butir kelapa parut.
  • Gula pasir dan garam secukupnya sesuai dengan selera
Bumbu Halus:
  • 8 buah cabai merah keriting, atau sesuai selera
  • 8 buah bawang merah
  • 5 butir siung bawang putih
  • 1 buah ruas jari (2 cm) kunyit, kupas kulitnya
  • 1 buah ruas jari (2 cm) jahe, kupas kulitnya
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar butiran, sangrai
  • 1/2 sdm jinten, sangrai
  • 1/2 sdm teh pala
Cara Membuat Gulai Ayam Bumbu Padang Asli Enak:
  1. Tumis bumbu halus hingga harum di cium. Masukkan serai, daun jeruk purut, daun kunyit dan lengkuas, aduk hinga rata.
  2. Masukkan potongan ayam, aduk hingga rata. Masak hingga ayam berubah warnanya.
  3. Tuangkan santan, kaldu bubuk rasa ayam, garam dan gula pasir secukupnya sesuai selera, aduk terus hingga merata. Masak diatas api kecil hingga santan kental dan daging ayam empuk.
  4. Sajikan selagi hangat dan selamat kini Gulai ayam buatan anda telah selesai.
Itulah resep cara pembuatan Gulai ayam mudah bukan ?, ayo dicoba di rumah resepnya karena pembuatanya pun sangatlah mudah jadi tidak ada alasan untuk membuatnya jaminan keluarga pasti suka.

kalau saya membeli atau makan di rumah masakan padang makanan ini selalu saya pesan apalagi saat cuaca musim hujan seperti ini, makanan ini sangat cocok untuk disajikan bersama keluarga karena cuaca yang dingin sangat cocok untuk di nikmati bersama karena memiliki rasa yang pedas.
semoga bermanfaat selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: